MARKETING
A.
Pengertian
Marketing
Marketing
adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan
nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa.
Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan
konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak
ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan
sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini
disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan
meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran
merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang
berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai
macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan
manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses
pertukaran.Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi
kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
B.
Prinsip
Marketing
Prinsip-prinsip
marketing sebagai berikut :
· Cintai
Customer dan hormati competitor , Kita
bisa meniru yang baik dari competitor
· sensitive
terhadap perubahan + siap mengubah diri, glibalisasi dan teknologi membuat
costumer semakin pintar. Jika kita tidak berubah maka kita akan di ubah (kalah)
· membangun
dan menjaga nama baik, dimarketing ada istilahya ‘BRAND NAME IS
EVERYTHING” sering kali brand menjadi
pertimbangan dalam memilih produk/jasa.
· Customer
itu berbeda, Perlakukan sesuai dengan kebutuhan
· Selalu
memberikan produk yang terbaik Dengan harga pantas , jangan pernah menjual
produk jelek dengan harga yang tingi
· Selalu
ada kabar gembira, Marketing adalah good news,
· Dapatkan
pelanggan , pelihara hubungan dan berkembang bersama Pastikan customer selalu
puas dari pelayanan yang kita berikan KEEP THE CUSTOMER
· Apa
pelayan kita, Customer satisfaction
· Apa
pelayanan kita, Kita sudah janji , maka tepati , kita harus bertanggung jawab
dalam janji
· Gunakan
informasi yang relavan, Dunia terus berubah , kita harus berubah dan terus
belajar dan kita mendapatkan informasi yang relavan agar kondisi saat ini ,
sehingga keputusan yang di ambil bisa lebih cepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar