Selasa, 28 April 2015

MARKETING



MARKETING

A.           Pengertian Marketing
Marketing adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
B.            Prinsip Marketing
Prinsip-prinsip marketing sebagai berikut :
·      Cintai Customer dan hormati  competitor , Kita bisa meniru yang baik dari competitor
·      sensitive terhadap perubahan + siap mengubah diri, glibalisasi dan teknologi membuat costumer semakin pintar. Jika kita tidak berubah maka kita akan di ubah (kalah)
·      membangun dan menjaga nama baik, dimarketing ada istilahya ‘BRAND NAME IS EVERYTHING”  sering kali brand menjadi pertimbangan dalam memilih produk/jasa.
·      Customer itu berbeda, Perlakukan sesuai dengan kebutuhan
·      Selalu memberikan produk yang terbaik Dengan harga pantas , jangan pernah menjual produk jelek dengan harga yang tingi
·      Selalu ada kabar gembira, Marketing adalah good news,
·      Dapatkan pelanggan , pelihara hubungan dan berkembang bersama Pastikan customer selalu puas dari pelayanan yang kita berikan KEEP THE CUSTOMER
·      Apa pelayan kita, Customer satisfaction
·      Apa pelayanan kita, Kita sudah janji , maka tepati , kita harus bertanggung jawab dalam janji
·      Gunakan informasi yang relavan, Dunia terus berubah , kita harus berubah dan terus belajar dan kita mendapatkan informasi yang relavan agar kondisi saat ini , sehingga keputusan yang di ambil bisa lebih cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar