Rabu, 25 Maret 2015

Tugas 1 - Kewirausahaan 1



Nama     : Rosdiana Norminawati Purba
Kelas     : 2 DA 02
NPM      : 48213092

E-Marketing (Elektronik Marketing)

A.           PENGERTIAN E-MARKETING

Internet Marketing atau e-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan  marketing suatu produk  atau  jasa  melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www.Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang mempunyai arti  artinya kegiatan marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.

Banyak orang beranggapan bahwa marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.

Kegiatan marketing Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat marketing atau copywriting. Marketing internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), marketing afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll. Strategi e-marketing yang biasa di gunakan dalam melakukan e-marketing,antara lain :


·      Banner Advertisement (iklan melalui banner) Adalah file grafis (dengan beberapa ukuran yang di beri satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli yang akan membeli produk anda.

·   Sponsorship  artinya melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.

·      Classified Listings (daftar produk terklasifikasi) artinya seperti halnya pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online ini merupakan cara yang sangat baik  untuk memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti dihttp://www.ebay.com.

·   Email Marketing (pemasaran melalui email) dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. 

B.            KEKURANGAN & KELEBIHAN E-MARKETING

Adapun kekurangan dan kelebihan E-marketing, antara lain:

·         Kekurangan E-Marketing, antara lain :
Ø Koneksi Internet yang Mahal.
Ø Biaya yang tidak murah.
Ø Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
Ø Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.

·         Kelebihan E_Marketing, antara lain :
Ø Bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet.
Ø Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit.
Ø Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu.
Ø Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
Ø Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada.
 
C.           LANGKAH-LANGKAH E-MARKETING

Adapun cara atau langkah-langkah dalam membuat Internet marketing, antara lain :
 
·      Buatlah rancangan yang matang sebelum membangun sebuah website, dan rencanakan pula aspek pengembangan dan promosinya. Hal ini dapat mendorong agar website yang kita luncurkan terindex dengan baik dimesin pencari (search engine).

·    Buatlah sebuah rancangan e-mail marketing yang efektif dan memukau, jangan lupa buat sebanyak mungkin list calon konsumen. Respon secepatnya apabila ada calon konsumen yang meminta penjelasan mengenai informasi suatu produk atau layanan yang ditawarkan.

·       Analisa terus kinerja website yang dimiliki. Agar lebih objektif dan efektif, mintalah asistensi dari para penyedia layanan website analysis consultant.

·      Tulis dan publikasikan berbagai artikel mengenai website dan produk atau layanan yang dimiliiki, ke situs-situs bookmarketing atau jejaring lainnya. Agar calon konsumen potensial dapat lebih mudah menemukan berbagai informasi yang kita buat.

·    Susunlah sebuah program promosi melalui website, dan publikasikan untuk lebih banyak menarik calon konsumen potensial.

·        Rebut dan dominasi pasar, melalui perluasan jaringan distribusi. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan program affiliasi.Dengan menjalankan semua tips diatas, kemungkinan strategi internet marketing dalam bisnis yang akan dijalankan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.

D.           PENTINGNYA E-MARKETING

Semakin banyak perusahaan atau internet marketer yng menyadari pentingnya posisi internet marketing dalam bisnis mereka. Saat ini mereka dapat dikatakan berlomba-lomba merumuskan berbagai kebijakan untuk merancang sebuah internet marketing plan, yang mereka anggap tepat sebagai sarana pemasaran yang strategis.

Dapat dikatakan setiap perusahaan atau internet marketer saat ini tidak mau ketinggalan informasi sedikitpun dalam perkembangan internet marketing. Karena mereka tahu, apabila mereka tertinggal dalam hal internet marketing, maka mereka akan berpotensi mengalami penurunan jumlah konsumen potensial untuk beberapa waktu kedepan. Ada 3 alasan pentingnya Internet Marketing bagi perkembangan bisnis.

·         Pergeseran gaya hidup (lifestyle)
Semakin pentingnya posisi internet marketing dalam menunjang aktifitas bisnis, tidak terlepas dari pergeseran gaya hidup/lifestyle dari manusia diberbagai belahan dunia.Gaya hidup yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Negara-negara maju. Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang saat ini banyak mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing.

Begitupun dengan cara mencari informasi mengenai berbagai hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya melalui internet.Memang secara mayoritas para calon konsumen masih banyak yang pergi ke mall, menghubungi sales, menonton televise, atau membaca koran dan majalah untuk mencari suatu produk atau layanan yang dibutuhkan. Namun secara konstan, jumlah orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai berbagai kebutuhan, terus mengalami lonjakan yang luar biasa.

·         Kecepatan akses informasi.
Internet saat ini kedepan akan menjadi pemimpin dalam dunia informasi. Para calon konsumen merasa dapat mengakses informasi lebih cepat melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih cepat dan mudah mencari suatu produk atau layanan dan kemudian membelinya melalui internet, dibandingkan dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall. Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki strategi internet marketing yang baik dapat berpeluang memimpin pasar.

Selain itu, melalui internet marketing, berbagai informasi produk atau layanan yang dimiliki perusahaan akan lebih cepat diterima oleh calon konsumen. Ke depan, akan lebih banyak calon konsumen yang mengharapkan perusahaan memiliki skema internet marketing, untuk memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhannya.

·         Target market yang tak terbatas.
Salah satu keuntungan vital menggunakan internet marketing adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Internet marketing tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Melalui internet marketing, sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya. Dengan internet marketing, calon konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima informasi, memahami dan membeli apapun yang mereka butuhkan.Bagi perusahaan, data konsumen potensial dapat mereka kumpulkan dari pengunjung website yang mereka miliki. Divisi perusahaan yang menangani internet marketing, akan dengan mudah melacak calon-calon konsumen potensial, melalui data pengunjung website yang secara berulang mengunjungi website mereka.
  
E.            SUMBER-SUMBER :
http://www.cbs-bogor.net/home/blog-of-us/60-internet-marketing-bukan-tanpa-kerja-keras-.html
http://blogspreneur.info/10-strategi-internet-marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar