Nama : Rosdiana Norminawati Purba
Kelas : 2 DA 02
NPM : 48213092
E-Marketing
(Elektronik Marketing)
A.
PENGERTIAN E-MARKETING
Internet Marketing atau e-marketing adalah
segala usaha yang dilakukan untuk melakukan
marketing suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau
jaringan www.Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic)
yang mempunyai arti artinya kegiatan
marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau
jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini,
banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat,
e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak
orang beranggapan bahwa marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan
dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar.
Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet
adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang
hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.
Kegiatan
marketing Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan
dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan
penulisan kalimat-kalimat marketing atau copywriting. Marketing internet
atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web
design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin
pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat
(e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), marketing afiliasi
(affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll. Strategi
e-marketing yang biasa di gunakan dalam melakukan e-marketing,antara lain :
· Banner Advertisement (iklan melalui
banner) Adalah file grafis (dengan beberapa ukuran yang di beri satuan pixels)
yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan
untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus
disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli yang akan membeli
produk anda.
· Sponsorship artinya melakukan kegiatan tersebut untuk
memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.
· Classified Listings (daftar produk
terklasifikasi) artinya seperti halnya pada klasifikasi di surat kabar,
klasifikasi online ini merupakan cara yang sangat baik untuk memasang
bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan
dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari
produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis
data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti
dihttp://www.ebay.com.
· Email Marketing (pemasaran melalui
email) dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan
iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain.
B.
KEKURANGAN & KELEBIHAN E-MARKETING
Adapun kekurangan dan kelebihan E-marketing,
antara lain:
·
Kekurangan
E-Marketing, antara lain :
Ø Koneksi Internet yang
Mahal.
Ø Biaya yang tidak murah.
Ø Kurva pembelajaran lama, lebih
banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
Ø Awal-awal tahun akan makan banyak
waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.
·
Kelebihan
E_Marketing, antara lain :
Ø Bisnis online bisa dijalankan dari
mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet.
Ø Modal yang dibutuhkan relatif lebih
sedikit.
Ø Bisnis bisa berjalan otomatis dengan
bantuan software tertentu.
Ø Tidak butuh jumlah karyawan yang
banyak
Ø Tersedia banyak pilihan bisnis yang
ada.
C.
LANGKAH-LANGKAH E-MARKETING
Adapun
cara atau langkah-langkah dalam membuat Internet marketing, antara lain :
· Buatlah
rancangan yang matang sebelum membangun sebuah website, dan rencanakan pula
aspek pengembangan dan promosinya. Hal ini dapat mendorong agar website yang
kita luncurkan terindex dengan baik dimesin pencari (search engine).
· Buatlah
sebuah rancangan e-mail marketing yang efektif dan memukau, jangan lupa buat
sebanyak mungkin list calon konsumen. Respon secepatnya apabila ada calon
konsumen yang meminta penjelasan mengenai informasi suatu produk atau layanan
yang ditawarkan.
· Analisa
terus kinerja website yang dimiliki. Agar lebih objektif dan efektif, mintalah
asistensi dari para penyedia layanan website analysis consultant.
· Tulis
dan publikasikan berbagai artikel mengenai website dan produk atau layanan yang
dimiliiki, ke situs-situs bookmarketing atau jejaring lainnya. Agar calon
konsumen potensial dapat lebih mudah menemukan berbagai informasi yang kita
buat.
· Susunlah
sebuah program promosi melalui website, dan publikasikan untuk lebih banyak menarik
calon konsumen potensial.
· Rebut
dan dominasi pasar, melalui perluasan jaringan distribusi. Hal ini bisa
dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan program affiliasi.Dengan
menjalankan semua tips diatas, kemungkinan strategi internet marketing dalam
bisnis yang akan dijalankan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.
D.
PENTINGNYA E-MARKETING
Semakin banyak perusahaan atau
internet marketer yng menyadari pentingnya posisi internet marketing dalam
bisnis mereka. Saat ini mereka dapat dikatakan berlomba-lomba merumuskan
berbagai kebijakan untuk merancang sebuah internet marketing plan, yang mereka
anggap tepat sebagai sarana pemasaran yang strategis.
Dapat dikatakan setiap perusahaan
atau internet marketer saat ini tidak mau ketinggalan informasi sedikitpun
dalam perkembangan internet marketing. Karena mereka tahu, apabila mereka
tertinggal dalam hal internet marketing, maka mereka akan berpotensi mengalami
penurunan jumlah konsumen potensial untuk beberapa waktu kedepan. Ada 3 alasan
pentingnya Internet Marketing bagi perkembangan bisnis.
·
Pergeseran
gaya hidup (lifestyle)
Semakin pentingnya posisi internet marketing dalam menunjang
aktifitas bisnis, tidak terlepas dari pergeseran gaya hidup/lifestyle dari
manusia diberbagai belahan dunia.Gaya hidup yang mengutamakan kemudahan dan
kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Negara-negara maju.
Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang saat ini banyak
mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh berbagai
perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing.
Begitupun dengan cara mencari informasi mengenai berbagai
hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka membutuhkan informasi mengenai suatu
produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya
melalui internet.Memang secara mayoritas para calon konsumen masih banyak yang
pergi ke mall, menghubungi sales, menonton televise, atau membaca koran dan
majalah untuk mencari suatu produk atau layanan yang dibutuhkan. Namun secara
konstan, jumlah orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi
mengenai berbagai kebutuhan, terus mengalami lonjakan yang luar biasa.
·
Kecepatan
akses informasi.
Internet saat ini kedepan akan menjadi pemimpin dalam dunia
informasi. Para calon konsumen merasa dapat mengakses informasi lebih cepat
melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih cepat dan mudah mencari suatu
produk atau layanan dan kemudian membelinya melalui internet, dibandingkan
dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall. Oleh karena itu, perusahaan
yang memiliki strategi internet marketing yang baik dapat berpeluang memimpin
pasar.
Selain itu, melalui internet marketing, berbagai informasi
produk atau layanan yang dimiliki perusahaan akan lebih cepat diterima oleh
calon konsumen. Ke depan, akan lebih banyak calon konsumen yang mengharapkan
perusahaan memiliki skema internet marketing, untuk memudahkan mereka memenuhi
berbagai kebutuhannya.
·
Target
market yang tak terbatas.
Salah satu keuntungan vital menggunakan internet marketing
adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Internet marketing tidak mengenal
batasan tempat dan waktu. Melalui internet marketing, sebuah perusahaan dapat
melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya. Dengan internet marketing, calon
konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima informasi, memahami dan membeli
apapun yang mereka butuhkan.Bagi perusahaan, data konsumen potensial dapat
mereka kumpulkan dari pengunjung website yang mereka miliki. Divisi perusahaan
yang menangani internet marketing, akan dengan mudah melacak calon-calon
konsumen potensial, melalui data pengunjung website yang secara berulang
mengunjungi website mereka.
E.
SUMBER-SUMBER :
http://www.cbs-bogor.net/home/blog-of-us/60-internet-marketing-bukan-tanpa-kerja-keras-.html
http://blogspreneur.info/10-strategi-internet-marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar